Para Wanita – Berinvestasilah Dalam Literasi Finansialmu

Jika anda ingin mempelajari tentang apapun (cara memasak makanan dengan baik, mengendarai mobil, latihan yoga atau merawat bayi), anda mungkin dapat menemukan buku-buku yang bagus ataupun mengambil latihan untuk mendapatkan gambaran dasar yang baik dari topik tersebut dengan tujuan yang relatif singkat. Namun jika anda ingin mempelajari tentang finansial – jalan menuju wawasan ini tidak begitu jelas, cepat ataupun mudah. Sangat ironis memang, mengingat bahwa berurusan dengan uang adalah sesuatu hal yang kita semua perlu lakoni dalam beberapa cara atau bentuk. Berliterasi finansial tentu harus menjadi salah satu tugas kami “untuk melakoninya” didalam daftar. Bahkan jika orang lain yang mengurus tagihan pada hari ini, realitas keras dalam kehidupan mengatakan di beberapa titik bahwa anda mungkin memperoleh manfaat saat memiliki pemahaman dasar tentang uang dan finansial.

  • Tantangan

Bahkan bahasa yang terkait dengan finansial dan uang terdengar rumit ke titik intimidasi. Saham, obligasi, reksa dana, perlindungan nilai, derivative, beta dan rasio Sharpe adalah beberapa contoh. Ini adalah disinsentif utama yang menyebabkan banyak orang menyerah bahkan sebelum mereka memulainya. Meskipun benar bahwa mengembangkan pemahaman lebih lanjut tentang finansial dan uang dapat mengambil usaha bertahun-tahun, mendapatkan dasar-dasar dibawah kontrol lebih mudah dari yang dipikirkan. Mulailah dengan beberapa panduan dan tugas sederhana. Setelah anda menguasainya, biarkan kepentingan anda membimbing langkah selanjutnya. Anda tidak perlu menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari rumus dan menghafal terminology yang kompleks.

  • Memahami apa yang anda luangkan

Tidak ada suatu hal yang dapat membuat anda berada dalam kesulitan finansial dengan cepat saat anda menghabiskan lebih banyak daripada yang anda peroleh. Dan tempat ini adalah masalah yang lebih besar dibandingkan dengan wanita, menurut sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Financial Industry Regulatory Association (FINRA). Studi ini, “In Our Best Interest: Women, Financial Literacy and Credit Card Behavior” mengungkapkan bahwa wanita lebih mungkin untuk membawa saldo kartu kredit, membayar biaya denda dan melakukan pembayaran minimum atas hutangnya daripada pria. Memahami kebiasaan belanja anda adalah tempat yang bagus untuk memulai jalanmu agar berliterasi dalam finansial. Tidak ada istilah yang kompleks untuk menghafal dan perhitungan rumus matematika yang diperlukan.

  • Membayar lunas semua hutangmu

Sekarang anda telah menghabiskan lebih sedikit dari yang anda peroleh, dan anda dapat mengambil upaya ke tingkat yang berikutnya. Uang tunai tambahan dapat anda gunakan untuk melunasi hutang-hutang. Strategi finansial ini mengurangi jumlah uang yang akan anda gunakan seumur hidup untuk membayar bunga kepada kreditur. Ini juga adalah kesempatan yang baik untuk meluangkan beberapa menit untuk mempelajari lebih lanjut tentang bunga. Anda akan menyadari bagaimana bunga dapat bertambah dari waktu ke waktu sehingga membuat anda membayar cara yang lebih dari nilai nominal atas pembelian anda.

Saat kita mengarah pada topik yang menarik dan kekuatan kompon, ini adalah jalan dua arah. Dengan hitungan cara kerja yang sama untuk kreditur dan juga bekerja untuk investor. Memahami kekuatan kompon dan bagaimana cara kerjanya akan memberikan wawasan strategi penting yang digunakan investor untuk menghasilkan uang, dan menyoroti mengapa terjadi adalah strategi yang telah bekerja membantu anda.

  • Mulai menabung

Setekah anda menghabiskan uang yang anda peroleh lebih sedikit, sekarang saatnya untuk menabung. Apapun yang anda tabung memiliki potensi untuk bertumbuh. Ada 2 tipe tabungan dasar yaitu jangka pendek (dana darurat, biaya yang akan datang) dan jangka panjang (investasi untuk pensiun). Jika anda tidak tahu banyak tentang investasi, tidak apa-apa. Ada cara sederhana untuk memulai keduanya. Untuk kebutuhan jangka pendek, anda dapat membuka rekening di bank lokal. tidak ada biaya, tanpa bunga giro saat anda pertama kali memulainya dan kemudian tabungan akan berbunga saat rekening anda memiliki saldo yang cukup tinggi. Untuk kebutuhan jangka panjang, anda dapat mulai dengan meletakkan uang anda ke dalam reksa dana. Ini adalah cara yang sederhana, cara yang murah untuk mencelupkan kaki anda ke dalam pasar saham. Anda akan menghasilkan keuntungan investasi yang mengikuti pasar saham umum, dan S&P adalah alat ukur yang baik untuk mengukur perilaku pasar.

  • Tingkat berikutnya

Investor yang canggih dengan cepat dapat menunjukkan bahwa tabungan didalam bank lokalmu tidak akan pernah menghasilkan jenis hasil investasi yang akan membuat anda kaya, dan S&P 500 adalah salah satu dari ribuan peluang investasi di pasar. Dan tentu saja, S&P dapat dipercaya.

Setelah anda mencelupkan kaki ke dalam saham, anda mungkin ingin mengembangkan wawasan dengan terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang investasi. Mempelajari reksa dana adalah cara mudah untuk melakukannya. Dari sana, anda dapat memperluas pembahasan pembelajaran tentang saham, obligasi dan masih banyak lagi. Strategi anda untuk melakukannya akan mengambil keuntungan dari banyak alat yang sudah tersedia untuk anda termasuk surat kabar, majalanh, buku, video dan website.

  • Langit ada batasnya

Sebuah motivasi pembelajaran sendiri oleh kepentingan anda yang tertentu akan membawa anda ke temapt dimana ide-ide dan investasi semakin lebih kompleks. Program formal dan sertifikasi tersedia, serta bantuan profesional pun juga selalu tersedia. Perusahaan asuransi, bank, perusahaan makelar dan entitas lainnya memiliki jasa keuangan profesional yang umumnya menawarkan konsultasi gratis. Setelah berbicara dengan beberapa pakar, anda mungkin ingin memutuskan untuk menyewa salah satu diantaranya. Jika anda melakukannya, maka pemahaman dasar yang telah anda kembangkan akan membantu anda untuk memahami saran dari para pakar tersebut.